Tuesday, April 18, 2017

Biodata Ivan Pavlov




Ivan Petrovich Pavlov lahir di Ryazan, Rusia, pada tanggal 26 September 1849, putra seorang pendeta paroki yang miskin. Dia suka bekerja dengan ayahnya di kebun, dan  minat awal pada tanaman berlangsung seumur hidupnya. Pada usia sembilan atau sepuluh, Pavlov mengalami penurunan yang mempengaruhi kesehatan sehingga pendidikan formalnya tertunda. Ketika ia berusia sebelas tahun, ia masuk ke kelas dua sekolah gereja di Ryazan. Pada 1864 ia pergi ke Theological Seminary dari Ryazan, sebuah sekolah pelatihan bagi para pendeta. Di sana ia belajar agama, bahasa klasik, dan filsafat, dan ia mengembangkan minat dalam sains.
Pada 1870 Pavlov diterima di Universitas St Petersburg (Leningrad) di Rusia. Ia belajar fisiologi hewan sebagai kuliah mayor dan kimia untuk kuliah minor nya. Di universitas itu ia belajar kimia organik dan kimia anorganik. Dengan cara ini dia belajar tentang apa yang membentuk kedua hal anorganik pada tanaman dan hewan. Dia juga belajar teknik-teknik investigasi ilmiah. Penyelidikan ilmiah dimulai dengan mengajukan pertanyaan; ilmuwan kemudian mengumpulkan informasi tentang pertanyaan itu dan menciptakan sebuah pernyataan yang mungkin menjelaskan jawaban; akhirnya, ilmuwan tes jawaban mungkin melalui observasi.
Setelah lulus dari Universitas St Petersburg, Pavlov memasuki Akademi Militer Medis pada 1881. Dia bekerja di sana sebagai asisten laboratorium selama dua tahun. Pada 1877, saat masih di akademi, ia menerbitkan karya pertamanya. Ini adalah tentang peraturan peredaran darah dengan refleks (tidak sadar atau tak sadar ada tindakan dari tubuh). Dua tahun kemudian ia menyelesaikan kuliahnya di akademi. Dia berhasil bersaing dalam ujian yang diberikan kepada seluruh sekolah. Dengan memenangkan kompetisi ini, Pavlov diberi beasiswa untuk melanjutkan studi pascasarjana di akademi.
Pada 1881 Pavlov menikah Serafima Karchevskais. Ia menghabiskan sepuluh tahun berikutnya di akademi. Pada 1883 ia menyelesaikan tesisnya (esai panjang yang dihasilkan dari penelitian asli di perguruan tinggi) pada saraf jantung. Tak lama kemudian ia menerima gelar dokter medis. Selama tahun 1880-an Pavlov menyempurnakan teknik-teknik investigasi ilmiah. Karya ini membuat penemuan penting yang mungkin di kemudian hari.
Pada 1890 Pavlov diangkat menjadi ketua farmakologi (ilmu mempersiapkan obat-obatan) di akademi. Setahun kemudian ia menjadi direktur Departemen Institut Fisiologi eksperimental Kedokteran. Pada 1895 ia menerima kursi fisiologi di akademi, yang dipegangnya hingga 1925. Selama empat puluh tahun berikutnya lima Pavlov mengejar studinya pada kelenjar pencernaan dan refleks terkondisi.
Selama fase pertama kegiatan ilmiah (1874-1888), Pavlov mengamati sistem peredaran darah. Ia memusatkan perhatian pada bagaimana perubahan tekanan darah dalam berbagai kondisi dan bagaimana aktivitas jantung diatur. Dia melihat bahwa tekanan darah anjing di laboratoriumnya nyaris tidak berubah, apakah mereka diberi makan makanan kering atau berlebihan kaldu daging.
Pavlov mengamati serat khusus yang disebut saraf yang membawa sensasi dan membuat gerakan seluruh tubuh. pengamatan-Nya membuatnya menyatakan bahwa irama dan kekuatan denyut jantung diatur oleh empat serat saraf tertentu. Sekarang secara umum diterima bahwa dua saraf, n. vagus dan simpatik, menghasilkan efek terhadap jantung yang Pavlov melihat.
Pada tahap kedua dari karya ilmiah (1888-1902), Pavlov berkonsentrasi pada saraf mengarahkan kelenjar pencernaan. Pada 1888 ia menemukan saraf pankreas yang mengontrol aliran insulin. Insulin adalah suatu zat yang mengatur pencernaan pati dan gula. Pada 1889 Pavlov menemukan saraf mengontrol lambung (perut) kelenjar. Untuk pekerjaan ini Pavlov menerima Hadiah Nobel 1904 dalam Fisiologi atau Kedokteran.
Tahap akhir karir ilmiah Pavlov (1902-1936) difokuskan pada AC refleks menentukan bagaimana mempengaruhi otak. Pavlov telah mengamati bahwa anjing laboratorium itu akan mengeluarkan air liur dan jus daging lambung sebelum benar-benar diberikan kepada mereka. Pemandangan, bau, atau bahkan jejak petugas membawa daging sudah cukup untuk memicu aliran air liur.
Artikel ilmiah terakhir Pavlov ditulis untuk Great Ensiklopedia Medis pada 1934. Di dalamnya ia membahas gagasan bahwa ada dua sistem serabut saraf. Sistem pertama menerima sinyal atau jejak dari dunia luar melalui indera. Baik manusia dan hewan memiliki sistem ini. Sistem kedua berkaitan dengan sinyal dari sistem pertama dan melibatkan kata-kata dan pikiran. Hanya manusia memiliki sistem ini. AC refleks memainkan peran penting dalam kedua sistem saraf. Pikir Pavlov refleks terkondisi adalah cara utama di mana makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya.
Pavlov menentang posisi politik ekstrim apapun. Dia tidak menyambut baik Revolusi Rusia tahun 1917, yang menghancurkan sistem lama tsar, atau penguasa tertinggi Rusia, dan menggantinya dengan sistem Komunis. Dalam masyarakat Komunis, properti ini diselenggarakan oleh negara dan negara mengontrol distribusi barang. Pavlov adalah bermusuhan dengan sistem komunis yang baru. Meskipun demikian, Premier Lenin (1870-1924, pemimpin Uni Soviet) menandatangani sebuah dekrit khusus pada tahun 1921, meyakinkan bahwa Pavlov akan memiliki dukungan untuk karya ilmiah. Pada tahun 1930 pemerintah membangun dirinya laboratorium. Pada 1935 Pavlov telah menjadi dirujuk ke sistem komunis. Dia menyatakan bahwa pemerintah ", juga, adalah sebuah percobaan tapi dalam kategori yang tak terkira dan lebih tinggi."
Pavlov, jatuh sakit pada tahun 1935 tetapi cukup pulih untuk berpartisipasi di Kongres Internasional Fisiologis kelimabelas. Kemudian ia menghadiri Kongres Neurological di London, Inggris. Ia meninggal pada tanggal 27 Februari 1936

Sumber :
Cervone, Daniel., & Pervin, Lawrence. 2012. Kepribadian Teori dan Penelitian. Jakarta: Selemba Humanika.





0 comments:

Post a Comment